Cover Cerpen atau Novel

Kali ini aku akan membagikan tutorial sederhana pembuatan cover cerita pendek atau novel menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Aku menggunakan Photoshop versi CS6.

Ini adalah hasil akhir dari tutorial cover ini.



Langkah-langkah pengerjaan :

1. Bukalah aplikasi Adobe Photoshop milikmu, tidak masalah jika bukan CS6. Kemudian file-new atau CTRL+N. Atur ukuran kertas yang diiginkan. Disini saya menggunakan ukuran 528 x 500px yang merupakan ukuran umum dari situs web Wattpad.

Langkah 2 : Kemudian masukan gambar yang akan digunakan dengan cara klik open, kemudian drag gambar ke kanvas yang baru saja kamu buat.

Langkah 3 : Buat layer baru dibawah gambar yang telah kita masukan.

Langkah 4 : Aktivkan Eyedropper Tool dan atur sample size nya menjadi 5 by 5 average.


Langkah 5 : Klik bagian bawah gambar untuk mengambil sample warna.

Niote : Walaupun nampak hitam, namun hitam yang ada pada gambar bukanlah # 000000 tapi # 121212

Langkah 6 : Aktivkan layer yang kita buat pada langkah 3, kemudian aktivkan paint buket tool dan klik pada area yang belum ada warnanya. Beginilah hasilnya jika benar.



Langkah 7 : selanjutnya kita hanya tinggal menambahkaan judul novel dan nama pengarang. Aktivkan Horizontal Type Tool untuk mengetikan judul dan nama pengarang.


Note : Kalian bisa mengatur font size, color, leading, dan lainnya dengan menggunakan ini



Langkah 8 : Dengan begitu cover yang super simpel sudah jadi.




~S'Grafis~

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar