Name Card

Kartu Nama atau Name Card (bahasa kerennya) sering kali kita temukan di kehidupan sehari-hari sebagai kartu tanda pengenal dan sebagainya. Sebagai seorag design grafis, size dari kartu nama ini sudah harus dihafal diluar kepala. Ukuran yang umumnya dipakai oleh orang Indonesia adalah 9cm x 5cm. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi customer untuk menentukan sizenya sendiri. Jadi kalian harus memperhatikan baik-baik apa yang diminta customer. Jika sang customer tidak mengatakan apa-apa, jangan langsung berasumsi bahwa customer tersebut pasti mengiginkan ukuran umum. Alangkah lebih baik jika kita bertanya langsung ukuran apa yang diinginkan oleh customer.

Nah sekilas tentang ukuran, sekarang kita akan membahas tentang kertas yang biasa dipakai untuk membuat kartu nama.

Kartu Nama biasanya memakai 2 jenis kertas yaitu Artpaper atau bisa juga disebut Artcarton. Artpaper ini memiliki ketebalan dari 120gsm hingga 400gsm. Namun untuk pembuatan kartu nama biasanya jetebalan yang digunakan adalah 260gsm.

Pic : Credit to owner

Mengapa memilih Artpaper untuk mencetak kartu nama?
Alasan umumnya adalah dikarenakan kertas ini cocok untuk mencetak segala jenis design yang full color. Sedangkan alasan simpel nya adalah karena permukaan kertas yang licin dan semi kilat akan memper-elit kartu nama yang dicetak.

Jenis kertas yang kedua yaitu Concord. Concord sebenarnya sangat jarang diguakan untuk mencetak kartu nama, akan tetapi juga biasa ditemukan dalam pemesanan sehari-hari. Concord memiliki texture yang kasar dan bergelombang serta kertas yang tidak tahan akan lembab. Kertas Concord ini memiliki 2 jenis ketebalan yaitu Concord Tipis dan Concord Tebal. Yang biasa digunakan untuk mencetak kartu nama adalah Concord Tebal yang ketebalannya kurang lebih 250gsm
Pic : Credit to owner
Sekian dari pengenalan name card. Semoga artikel ini dapat membantu. Terima Kasih telah mengunjungi artikel ini. Sampai jumpa di artikel lainya ya...



~ S'Grafis ~ 

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar